<xmp> <body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d10502943\x26blogName\x3dsekedar+coretan\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://coretanharian.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://coretanharian.blogspot.com/\x26vt\x3d-5697987485432199617', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script> </xmp>
Friday, May 12, 2006
Ensoku
Kemaren Hoikuen Nanda bikin acara "oyako ensoku", yg ini pun sudah jadi program tetap di semua Hoikuen maupun Youchien di Jepang.
Oyako ensoku, acara jalan-jalan wali kelas, anak-anak dan orang tua.
Biasanya ke suatu tempat (taman) terbuka yg menyediakan fasilitas permainan ketangkasan tangan-kaki sekaligus melatih keseimbangan badan anak.
Bulan Mei sepertinya jadi bulan ensoku, seperti halnya bulan april adalah bulan kateihoumon, dan bulan Juni nanti adalah bulan "sankanbi".
Selain jadwalnya tetap tiap bulan Mei, ternyata tanggalnya juga tetap.
Tahun lalu, waktu Nanda masih di "banana gumi", ensokunya jg tanggal 11 Mei.
Hehe.. lucu aja gitu, sudah terprogram sekali, bukan cuman acaranya..sampai tanggal dan bulannya pun dibuat sama.

Yang berbeda, ensoku Nanda kali ini jalannya sama Ayah. Tahun lalu Mama masih bisa temani Nanda, meskipun saat itu sedang hamil muda.
Perjalanan ke Yume no shima, yg jadi tujuan ensoku, ditempuh selama kurang lebih 45 menit dengan bis.
Selama dalam perjalanan, secara bergantian sensei-sensei membuat acara permainan yang melibatkan orang tua dan anak-anak. Dengan demikian anak-anak tidak bosan selama di dalam bis.
Sedangkan perjalanan pulang, karena kondisi semua sudah dalam keadaan capek, cukup diisi dengan menonton film (video) bersama.

Diharuskan kumpul di hoikuen pukul 8.45 pagi, tentu saja Nanda sejak sehari sebelumnya udah "riweuh" dengan perlengkapan yg akan dibawa untuk ensoku.
Termasuk request bentou sebagai bekal makan siang di lokasi, Nanda minta dibuatkan "bentou kitty chan" spt yg Mama buat saat ensoku tahun lalu.
Dasar anak-anak, hari kamis itu Nanda bangun awal sekali. Tidak biasanya, sarapan Nanda kali ini dihabiskan dengan cepat. Jam baru menunjukkan pukul 7.15 Nandanya sudah pengen berangkat ke Hoikuen.
Alasannya takut terlambat dan ditinggal bis sehingga tidak jadi ensoku.. heuheu.
Kurang lebih pukul setengah satu siang, Ayah dan Nanda sudah sampai lagi di rumah.
Serta merta Nanda langsung minta Ayah setel video ensoku, agar Mama bisa liat Nanda yg katanya sudah "jouzu" naik-naik ke tali kemudian meluncur turun lewat prosotan panjang, tanpa dibantu Ayah.
Duh,..Nak..sudah gede dirimu ternyata :D
 

posted by Tukang Coret at 11:24 PM []